Alt Title

Teladan Hikmah Muslim Palestina

Teladan Hikmah Muslim Palestina

Ya, iman kepada Allah Rabb semesta alam adalah jawaban ketangguhan mereka untuk tetap bertahan meski tak ada jaminan kemenangan dunia

Akidah yang kuat, yang tak gentar meskipun peluru dan bom tak henti mencecar

_________________________


Penulis Ummu Hanan

Kontributor Media Kuntum Cahaya dan Analis Media


KUNTUMCAHAYA.com, INSPIRASI - Hari ini (28 Juni 2024) adalah hari ke-265 Gaza digempur oleh Israel. Dilansir dari tribunnews.com (27/06/24), Israel telah menghadapi kecaman dari masyarakat internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan oleh kelompok Palestina, Hamas, pada 7 Oktober. Meskipun telah ada resolusi dari Dewan Keamanan (DK) PBB yang menuntut untuk segera dilakukan gencatan senjata.


Lebih dari 37.700 warga Palestina telah tewas di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan hampir 86.400 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.


Tentunya, situasi di tengah gempuran ini sangat jauh dari rasa aman. Bayangkan saja, jika saat ini Allah Swt. masih memberi nafas bagi mereka untuk hidup, mereka bahkan enggan bermimpi hari esok masih diberikan kesempatan yang sama.


Lalu, mengapa warga Palestina betah dan mempertahankan negeri mereka? Memang, di sanalah Rasulullah saw. pergi ke Sidratul Muntaha untuk ber-Isra Miraj. Di sana juga kiblat pertama kaum muslim. Namun kegigihan mereka yang tetap teguh bertahan sungguh layak diacungi jempol.


Ya, iman kepada Allah Rabb semesta alam adalah jawaban ketangguhan mereka untuk tetap bertahan meski tak ada jaminan kemenangan dunia. Akidah yang kuat, yang tak gentar meskipun peluru dan bom tak henti mencecar.


Bangga pada Islam: Teladan Sahabat

Iman dan akidah yang kuat memancarkan rasa bangga warga Palestina pada agamanya, Islam. Rasa bangga terhadap Islam dan bangga menjadi seorang muslim memunculkan keberanian dalam diri setiap hamba. Sebut saja Abdullah Ibnu Mas'ud radhiyallahu anhu.


Beliau ialah salah satu sahabat nabi yang berani membaca Al-Quran secara terang-terangan di hadapan kaum Quraisy. Bahkan, diceritakan bahwa dia tidak menghentikan bacaan Al-Qur'annya meskipun dipukuli oleh kaum kafir tersebut.


Abdullah Ibnu Mas'ud adalah sahabat yang telah mencapai tingkat pemahaman dan tafsir Kitabullah yang sangat tinggi. Hal ini tidak mengherankan, karena ia dididik di rumah Rasulullah saw. dan mengikuti petunjuk, contoh, serta sifat-sifat yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah saw.


Bangga Semata karena Allah Ta'ala

Kebanggaan sebagai muslim bukan berarti menjadi sombong atau meremehkan umat lain. Kebanggaan ini merupakan bagian dari ajaran Islam seperti yang dicontohkan oleh para sahabat Nabi saw.


Salah satunya ialah Salman Al-Farisi radhiyallahu anhu. Pada suatu waktu, Salman Al-Farisi ditanya, "Keturunan siapa kamu?" Salman, yang bangga dengan identitas sebagai seorang muslim, tidak menjawab bahwa dirinya keturunan Persia, tetapi dengan lantang ia menjawab, "Saya putra Islam." Ini menjadi sebab Rasulullah saw meresponnya dengan perkataan, "Salman merupakan bagian dari keluarga kami, bagian dari keluarga Muhammad saw.."


Orang-orang yang baru memeluk Islam (mualaf) dalam kisah para sahabat di atas sangat antusias dalam mendakwahkan dan menunjukkan identitas mereka sebagai muslim. Mereka tidak ragu menampakkannya kepada khalayak, meski taruhannya adalah nyawa, seperti dalam kisah Abdullah di atas.


Hikmah dari Kaum Muslim Palestina

Keberanian, kesetiaan menjaga tanah air dan akidah yang kokoh adalah sebagian hikmah yang bisa kita petik dari kaum muslim Palestina. Semoga kebanggaan menjadi seorang muslim demi meraih perhatian Allah Swt. bisa menjadi teladan bagi seluruh kaum muslim di seluruh penjuru dunia. Karena ini merupakan rahasia dari kemuliaan, kejayaan, dan kemenangan umat Islam. Oleh karena itu tidak perlu malu untuk menunjukkan identitas keislaman mulai dari cara berpakaian, berperilaku sehari-hari, hingga aktif berdakwah menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Wallahualam bissawab. [GSM]